Jawab Polisi soal Pelat RFQ Mobil Mercy sebagai Tabrak Lari Bocah di Jakarta Utara

  • Bagikan
mobil mercy rfq

Jakarta – Mobil Mercy yang dikendarai oleh mahasiswa MRK (21), menjadi tersangka tabrak lari bocah di Kelapa Gading, Jakarta Utara, ramai diperbincangkan. Tidak hanya dianggap mewah, mobil ini juga menggunakan pelat RFQ rahasia.

Banyak juga yang bertanya-tanya tentang sosok MRK, anak pejabat? Pasalnya, pelat nomor RFQ digunakan untuk kendaraan dinas resmi.

Menanggapi hal tersebut, Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo mengatakan plat nomor N-2388-RFQ pada mobil Mercy tersangka MRK itu asli, tapi bukan nomor resmi dinas.

“Bukan nomor resmi dinas, tapi nomor sebenarnya itu. Makanya kita bisa langsung cari tahu alamatnya, karena itu milik orang tua. Jadi dari situ kita bisa mendatangi alamatnya,” kata Sambodo kepada wartawan di Jakarta, Kamis (25/3/2021). .

Sekadar diketahui, plat dengan kode terakhir RF merupakan singkatan dari Rahasia Fasilitas. Tidak sembarang orang bisa memiliki Tanda Nomor Kendaraan Bermotor Khusus (TNKB) ini.

TNKB dengan kode RF ini diberikan kepada pejabat setingkat menteri atau eselon II ke atas. Pengkodean pelat RF disesuaikan dengan institusi pejabat.

Ada beberapa kombinasi plat RF, seperti RFS (Rahasia Fasilitas Sekretariat Negara), RFP (Rahasia Fasilitas Polisi), RFD (Rahasia Fasilitas (TNI) AD), RFU (Rahasia Fasilitas Udara), RFL (Rahasia Fasilitas Laut). Kemudian ada beberapa lagi PNKP PNKP yang menggunakan plat RF seperti RFO, RFQ, RFR, RFT, RFV, RFW, PRQ, PRO, ZF, ES, dan lainnya.

Ketentuan penggunaan pelat nomor dengan kode akhiran ‘RF’ tertuang dalam Peraturan Kapolri Nomor 3 Tahun 2012 tentang Penerbitan Rekomendasi Nomor Kendaraan Bermotor dan Nomor Kendaraan Bermotor Khusus dan Rahasia bagi Kendaraan Bermotor Dinas.

Pasal 3 ayat E menyebutkan bahwa pemberian rekomendasi STNK / TNKB khusus dan rahasia hanya diberikan kepada pejabat tertentu sesuai dengan kekhususan tugas dan jabatannya. Ditulis dalam pasal 6 ayat 1, rahasia STNK / TNKB diberikan kepada kendaraan bermotor dinas dalam melaksanakan tugas yang menuntut kerahasiaan identitas kendaraan bermotor dan penggunanya.

Masa berlaku STNK / TNKB rahasia ini selama satu tahun dan dapat diperpanjang kembali. Rahasia STNK / TNKB tidak berlaku jika telah melewati masa berlaku satu tahun dan belum diperpanjang, kendaraan bermotor dinas yang digunakan sudah dihapus instansi terkait atau kendaraan bermotor dinas sudah dipindahtangankan atau dipindahtangankan ke unit kerja lain. / service.

Seperti diketahui, MRK ditetapkan sebagai tersangka kecelakaan yang mengakibatkan seorang anak laki-laki mengalami luka berat dan orangtuanya mengalami luka ringan. Kecelakaan itu terjadi di Jalan Cengkir Raya, Kelapa Gading, Jakarta Utara, Minggu (21/3) pagi.

Saat itu korban dan orang tuanya sedang berolahraga pagi. Tiba-tiba Mercy B-2388-RFQ yang dikemudikan tersangka menabrak ketiganya hingga terpental.

MRK melarikan diri setelah kejadian tersebut. Dia baru saja menyerahkan diri ke Polres Metro Jakarta Utara pada Selasa (23/3) malam.

  • Bagikan