Begini Asal Usul Ustad Gondrong ‘Pengganda Uang’ untuk Promosi Praktik Pelet

  • Bagikan
ustaz gondrong pegganda uang

Jakarta – Hermawan (45), tersangka penipuan yang mengaku bisa menggandakan uang, dijuluki ‘Ustaz Gondrong‘. Bagaimana Hermawan mendapat julukan ini?
Kapolsek Babelan Kompol Ghulam mengatakan, selama ini Hermawan melakukan praktik pengobatan alternatif dan berjualan barang antik. Selama itu Hermawan tampak seperti ahli agama, hingga warga memanggilnya ‘Ustaz Gondrong’. Orang juga memanggilnya ‘berambut panjang’ karena rambutnya yang panjang.

“Branding sendiri bertahun-tahun berjualan barang antik, pijat, dan lain-lain. Orang mengira karena penampilannya dia ahli agama, dia dipanggil ustaz,” kata Kapolsek Babelan Kompol Ghulam, kepada detikcom, Kamis (25/3/2021).

Polisi memastikan bahwa ‘Ustaz Gondrong’ bukanlah ustaz yang sebenarnya. Nama ‘Ustaz Gondong’ hanyalah sebuah julukan.

Ghulam mengatakan bahwa ‘Ustaz Gondrong’ sudah bertahun-tahun memakai baju koko dan memakai topi. Masyarakat, kata Ghulam, juga menyebut Hermawan sebagai ‘Ustaz Gondrong’ karena tidak mengetahui nama aslinya.

“Karena orang tidak tahu namanya, tapi dia suka memakai topi dan baju koko. Makanya dipanggil Ustad Gondrong,” ujarnya.

Sebelumnya dikabarkan polisi mengungkap penggandaan uang yang dilakukan Hermawan alias Ustaz Gondrong di Babelan, Kabupaten Bekasi, hanyalah omong kosong belaka. Ustaz Gondrong menunjukkan kemampuannya seolah-olah bisa menggandakan uangnya untuk mempromosikan “sihirnya”.

“Kegiatan ini juga untuk mempromosikan orang yang bersangkutan memiliki kesaktian, tentunya untuk menarik pasien,” jelas Kapolsek Metro Bekasi Kombes Hendra Gunawan.

Ustaz Gondrong mengaku kebanjiran pasien setelah videonya viral. Ia dikenal mempraktikkan pengobatan alternatif selama ini.

“Sudah dua minggu terakhir ini pasien melonjak. Hingga 200 orang per hari,” kata Hendra.

Ustaz Gondrong pun mengakui bahwa aksi penggandaan uangnya itu hanyalah tipuan sulap. Dia juga mengatakan tindakan itu dicatat atas perintahnya.

“Yang saya pesan sudah direkam, direkam. Dengan tamu, pengunjung, dinetralkan,” kata Hermawan.

Saat ini, ‘Ustaz Gondrong’ telah ditetapkan sebagai tersangka. Dia juga ditahan atas kasus tersebut.

  • Bagikan